Tanya Jawab Kebijakan Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) - Datadikdasmen


Apa yang menjadi pertimbangan penyederhanaan RPP?
Guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sungguh rinci sehinggabanyak menghabiskan waktu yang sebaiknya sanggup lebih difokuskan untukmempersiapkan dan menganalisa proses pembelajaran itu sendiri.

Apa yang dimaksud dengan prinsip efisien , efektif danberorientasi pada murid?
  • Efisien memiliki arti penulisan RPP dijalankan dengan tepatdan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga.
  • Efektifberarti penulisan RPP dijalankan untuk meraih tujuan pembelajaran.
  • Berorientasipada murid memiliki arti penulisan RPP dijalankan dengan memikirkan kesiapan ,ketertarikan , dan keperluan berguru murid di kelas.

Apakah RPP sanggup dibentuk dengan singkat , misalnya hanyasatu halaman?
Bisa saja , asalkan sesuai dengan prinsip efisien , efektif , dan berorientasikepada murid. Tidak ada persyaratan jumlah halaman.


Apakah ada kriteria baku untuk format penulisan RPP?
Tidak ada. Guru bebas menghasilkan , menegaskan , membuatkan , dan menggunakan RPPsesuai dengan prinsip efisien , efektif , dan berorientasi pada murid.

Bagaimana dengan format RPP yang sudah dibentuk guru?
 Guru sanggup tetap menggunakan format RPP yangtelah dibuatnya.
 Guru sanggup pula memodifikasi format RPP yangsudah dibentuk sesuai dengan prinsip efisien , efektif , dan berorientasi kepadamurid.

Berapa jumlah elemen dalam RPP?
  • Ada 3 elemen inti , yakni tujuanpembelajaran , tindakan pembelajaran (kegiatan) , dan penilaianpembelajaran (asesmen). 
  • Komponen-komponen yang lain adalahpelengkap.
  • Tujuan pembelajaran ditulis dengan merujukkepada kurikulum dan keperluan berguru murid. Kegiatan berguru dan asesmendalam RPP ditulis secara efisien.

Baca :

Belum ada Komentar untuk "Tanya Jawab Kebijakan Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) - Datadikdasmen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel