Seminar Nasional Pendidikan Matematika ( Sendimat ) Vii Tahun 2019 - Datadikdasmen
Ketika komputer diperkenalkan pada eraindustri 3.0 , pada awalnya hal itu dianggap mengusik respon penambahanteknologi yang serupa sekali baru. Namun dengan berjalannya waktu , komputerisasidi banyak sekali lini kehidupan terbukti menciptakan loncatan perkembangan yang luar biasa.Sekarang , dan ke masa depan di saat industri 4.0 dimulai , komputer terhubung danberkomunikasi satu sama lain untuk alhasil menciptakan keputusan tanpaketerlibatan manusia. Kombinasi dari tata cara fisik-siber , Internetof Things dan Internet of Systems membuatindustri 4.0 menjadi mungkin dan pabrik bakir menjadi kenyataan. Sebagaihasil dari sokongan mesin bakir yang terus menjadi lebih bakir karenamemperoleh saluran ke lebih banyak data , pabrik-pabrik akan menjadi lebih efisiendan produktif serta tidak boros. Pada alhasil , jaringan mesin-mesin ini yangterhubung secara digital satu sama lain dan menciptakan serta membuatkan informasiyang menciptakan kekuatan bekerjsama dari industri 4.0 (Bernard Marr , 2018). Ada empat prinsip rancangan dalamIndustri 4.0. Prinsip-prinsip ini menolong perusahaan mengidentifikasi danmengimplementasikan skenario-skenario Industri 4.0 , yakni interoperabilitas , transparansi gunjingan , pemberian teknis , dan keputusanmandiri. Dunia dikala ini memang tengah dihadapkanpada kala revolusi industri 4.0. Berjuta peluang yang dapat dimanfaatkan , tetapidi segi lain juga terdapat berjuta tantangan yang mesti dihadapi. Pendidik dantenaga kependidikan matematika pasti mesti bersiap dan mengantisipasi peluangdan tantangan tersebut. Pendidik dan Tenaga Kependidikanmerupakan elemen yang sungguh penting dan memiliki kiprah strategis dalammeningkatkan mutu pendidikan. Tantangan kenaikan kompetensi guru berkembangseiring meningkatnya permintaan terhadap mutu pendidikan. Guru dituntutmengembangkan kompetensi secara berkesinambungan sehingga bisa melakukan tugasprofesionalnya. Pendidik dan Tenaga Kependidikan harusberusaha untuk terus-menerus meningkatkan kesanggupan mengurus pembelajaran yangsesuai dengan keperluan kala industri 4.0 , sehingga para siswa lulusan mempunyaidaya saing dengan keistimewaan komparatif dan kompetitif. Harus terciptakesadaran bareng baik oleh pemerintah , dunia pendidikan maupun penduduk ,bahwa pergeseran besar dalam industri 4.0 merupakan keniscayaan yang tidak bisadihindari. Tujuan Kegiatan Seminar Nasional PendidikanMatematika (SeNdiMat) ditangani dengan tujuan: 1. Mengupayakan terwujudnya budaya ilmiah di lingkungan pendidik (guru , widyaiswara ,dosen) dan tenaga kependidikan matematika. 2. Memberi wadah bertukar gunjingan , inspirasi dan ide di antara pendidik dantenaga kependidikan matematika , utamanya dalam mengurus pembelajaranmenghadapi kala revolusi industri 4.0 3. Mendorong dan memfasilitasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) ,khususnya bagi guru , pendidik dan tenaga kependidikan pada umumnya. 4. Memfasilitasi adanya ruang pembicaraan dan kenaikan pengetahuan bagi sivitasakademika , pendidik , dan tenaga kependidikan matematika dalam berbagipengalaman observasi , karya ilmiah , dan karya inovasi untuk peningkatkankualitas pendidikan matematika. Tema “Peluang dan Tantangan Pendidik danTenaga Kependidikan Matematika dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0” Pembicara Keynote Speaker : Menteri Pendidikan danKebudayaan Republik Indonesia Topik : Pengembangan dan peningkatanKompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika dalam menghadapi EraRevolusi Industri 4.0 Invited Speaker : 1. Sumaryanta , S.Pd. , M.Pd. & Joko Purnomo , S.T. , M.T. (Widyaiswara PPPPTK Matematika) Topik : Rekonstruksi PembelajaranMatematika di Era Revolusi Industri 4.0 2. Romi Satria Wahono , Ph.D. (Founder dan CEO PT IlmuKomputerComBraindevs ) Topik : Pembelajaran berbasis TeknologiInformasi: Peluang dan Tantangannya pada Era Revolusi Industri 4.0 3. Prof. Dr. Iwan Pranoto (Dosen Matematika ITB) Topik : Merumuskan Kecakapan Matematikauntuk Dunia yang Semakin Algoritmik namun Tak Pasti Peserta 1. Guru matematika (guru kelas dan guru mata pelajaran) 2. Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah 3. Widyaiswara Matematika 4. Pengembang Teknologi Pembelajaran 5. Mahasiswa pendidikan matematika/matematika 6. Peminat dan pemerhati pendidikan matematika/matematika Fasilitas § Seminar kit § Sertifikat § Makalah yang dipresentasikan diterbitkandalam prosiding § Konsumsi Ketentuan Makalah 1. Makalah berkaitan dengan tema dan belum pernah dipublikasikan; 2. Mengikuti hukum penulisan karya ilmiah dan sesuai dengan template yangditentukan; 3. Template bisa diunduh di Template SeNdiMat VII 2019 4. Sertifikat pemakalah/pembicara sesi paralel cuma diberikan pada pesertayang mempresentasikan makalahnya. Pemakalah Yang Dibiayai PPPPTK Matematika menyediakanbiaya bagi 75 pemakalah terpilih , meliputibiaya transportasi dan fasilitas selama di PPPPTK Matematika. Seleksiberdasarkan mutu makalah lengkap. Pemakalah yang didanai merupakan darikalangan Guru SD/MI , Guru Matematika SMP/MTS/SMA/MA/SMK/MAK , Kepala Sekolahatau Pengawas Sekolah. Pemakalah Mandiri Selain pemakalah yang didanai , PPPPTKMatematika menampilkan peluang terhadap 30 pemakalah mandiri. Pemakalah mandiridisediakan fasilitas selama kegiatan SeNdiMat VII berlangsung. Tanggal Penting
Tanggal Penting
No | Kegiatan | Tanggal |
1 | Batas tamat penerimaan abstrak | 16 Agustus 2019 |
2 | Pengumuman abnormal yang diterima | 3 September 2019 |
3 | Batas tamat penerimaan full paper | 27 September 2019 |
4 | Pengumuman full paper yang diterima | 11 Oktober 2019 |
5 | Batas tamat registrasi | 18 Oktober 2019 |
6 | Pelaksanaan SeNdiMat VII | 13 dan 14 November 2019 |
Pendaftaran
- Pendaftaran online sanggup diakses di
- Pendaftaran peserta non pemakalah sanggup bangkit diatas kaki sendiri paling lambat tanggal 18 Oktober 2019. Apabila kuota sudah menyanggupi , maka pendaftaran peserta akan ditutup;
- Pengiriman abnormal dan makalah lengkap sanggup diantarkan ke alamat sendimat2019@gmail.com. Adapun hukum penamaan file makalah mengikuti pola: Nama Pengirim-Instansi-Kab/Kota-Jenjang;
Untuk Contoh Naskah Bisa DIunduh pada Link Prosiding Seminar Pendidikan Matematika ( Sendimat ) ke VI Tahun 2018 pada link dibawah ini :
http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id/sendimat/category/sendimat-vi/
http://p4tkmatematika.kemdikbud.go.id/sendimat/category/sendimat-vi/
Belum ada Komentar untuk "Seminar Nasional Pendidikan Matematika ( Sendimat ) Vii Tahun 2019 - Datadikdasmen"
Posting Komentar